Langsung ke konten utama

Kawah Wurung

SURGANYA PARALAYANG

 SEMPOL - Pesona Kawah Wurung yang terletak di Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Sempol Bondowoso akhir akhir inimulai banyak diminati wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal, tetapi mancanegara jug. Pemerintah daerah pun juga memberikan perhatain serius terhadap pengembangan destinasi ini.

Untuk menuju kawah Wurung, ada dua alternatif jalur yang bisa dilalui. Yang pertama melalui pertigaan Sempol yang juga melewati perkebunan Jampit jalur lainya adalh melewati Dusun Margahayu, atau dusun terakhir ke arah hingga tembus ke Dusun Curah Macan.

Selain keindahan alamnya, dua jalur menuju kawah Wurung itu juga menawarkan trek yang menmantang. Sangat cocok bagi para petualang. Akan terasa seru jika melaluinya dengan menggunkan m otor trail. Kendati begitu, dengan menggunkan motor biasa atau pun mobil kelauarga juga bisa.

fathur guide di Dusun Curah Macan mengungkapkan, dalam beberapa waktu terakhir ini dirinya dan komunitas di dusunnyaintensif dalam upaya pengellaan Kawah Wurung, Sejumlah sarana dan prasaran. misalnya papan penunjuk arah hingga tempat sampah mulai disediakan. "sejumlah akses jalan yang rusak juga kami perbaiki secara swadya ungkapnya.

Gantole Jatim akan Cek untuk Puslatda

Dia mengaku, jumlah kunjungan ke Kawah Wurung akhir-akhir ini memamng mengalami peningkatan yang signifikan., tak hanya wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara kami juga sering menjadi pemandu," ungkapnya.

Selain untuk wisata alam, ternyta kawah wurung menyimpan potensi lain yang tak kalah menarik. yaitu sebagai tempat olahraga paralayang. sejumlah titik di perbukitan Kawah Wurung ini sangat untuk dijadikan titik penerbangan paralayang, Wahyudi Widodo, slah seorang penerbang paralayang Jawa 0Timur akhir pelkan kemarin mencoba terbang dari beberapa titik di bibir kawah wurung. hasilnya, menurut dia kawah wurung sangat layak untuk dikembangkan menjadi tempat olaharaga paralayang maupun olahraga dirgantara lainnya. "Ini lokasi yang istimewa, karena angin dari arah manapun bisa diterbangi," kata penertbang paralayang dan paramotor itu. Apalagi kata dia, akses menuju kawah wurung sangat mudah baik dengan keadaan roda dua maupun roda empat. Lokasi paralayang di Gunung banyak, Batu perlu sekitar 10 tahun untuk membangun akses jalan maupun lokasi take off dan landing yang representatif kalau Kawah Wurung ini tinggal mengembangkan saja," katanya.

Bahkan saat Kawah Wurung itu di upload ke media sosial langsung mendapat respon lauar biasa dari pada penerbang paralayang dan gantolle se Indonesia. "Babhkan dalam waktu ini dekat tim Gantole Jawa Timur berencanan datang ke Kawah Wurung untuk menggelar Puslatda," katanya.

Terkait dengan potensi paralayang ini, Ahmad dhafir, ketua DPRD Bondowoso mengungkapkan jika bisa dikemas dengan baik tentu akan menjadi nilai tambah bagi pengembangan pariwisata," ujar penghobi adventure ini .

tak hanya di Kawah Wurung, kata dia ada sejumlah titik lain yang menurutnya juga sangat layak untuk dijadikan lokasi paralayang. Salah satunya di kawasan Megasari. Bahkan pihaknya mengagendakan untuk meninjau lokasi tersebut  bersama dengan para penerbang paralayang(esb/wah)


Jawa Pos
Selasa, 27 januarai 2015

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indahnya Hamparan Bunga Kebun Nursery Polije

Jujugan Florist, Tempat Asyik untuk Foto Prawedding JEMBER - Memasuki kawasan wisata Rembanganpara pengunjung langsung diajak menikmati kesegaran udara. embusan angin sepoi-sepoi an barisan pepohonan sepanjang jalan. Tak seperti wilayah Kota Jember yang panas dan aepi pepohonan, sejauh mata memndang jalan di kawasan ini terlindungi banyak pepehonan. Ada sebuah tempat yang berada tepat sebelum pintu masuk kawasan wisata Rembangan yang  memiliki hamparan kebun bunga dan tanaman hias dalam pot. Kebun itiu adalah poltek Nursery. Kawan kebun bunga dan tanaman hias yang sudah banyak dikenal sebagai salah satu pemasok bunga potong terbesar di Jember. Di kebun kurang lebih satu hektar ini terdapat berbgai macam bunga anggrek, krisan dan gerbera. Selailn itu, terdapat juga tanaman daun eksotis dalam pot yang sering dijadikan bahan rangkaian bunga dekorasi pernikahan. Aneka jenis bunga krisan dan anggrek itu bisa dibeli dengan harga Rp 7.500 hingga Rp 100 ribu. Tergantung jenis dan ukuran

The Waroeng Batik Sumbersari Maesan

Pengunjung Sembari Belajar Membatik BUKAN hanya menyajikan kuliner tradisional yang berbeda, The waroeng Batik Sumbersari juga menyediakan suguhan yang cukup menrik bagi pengunjung. Puas kuliner, pengunjung bisa belajr batik. Mulai dari proses mencanting, pewarnaan hingga pengeringan. "Sebelum ada warung, memang awalnya sudah ada gerai batik Sumbersari. Jadi The warung dan batik menjadi satu tubuh," jelas Yuke Yuliantaries, Pengelola dan pemilik The Waroeng ini. sehingga masyarakt atau pengunjung yang datang dapat menikmati eduwisata batik.

Tantangan "Raja Ampat Mini" di Kalimantan Selatan

Pada artikel ke-4 Nabilla akan membagikan artikel menarik Dari Raja Ampat Mini.. Artikel kali ini Nabilla ambil Dari Jawa Pos bagian Indonesia Indah .. Batas Langit di Bukit Batas Nama Bukit Batas memang lagi lagi moncer di kalangan warag Kalimantan Selatan. Wisata alam itu menjajikan tracking dan hiking ringan dengan bayaran berupa pemandangan elok. Pada puncak Bukit Batas, pelancong  bisa menikmati munculnya pulau-pulau kecil tengah-tengah Waduk Riam Kanan.