Langsung ke konten utama

Pantai Krakal

 Paduan Pasir Putih dan Tegaknya Batu Karang

Jogjakarta bukan hanya Malioboro. Bukan sekedar Pantai Parangtritis. Gunungkidul merupakan keindahan lainnya yang tidak pantas dilewatkan ketika berlibur ke Jogjakarta.

 REMBULAN telah terbit di Gunung kidul. Cerita tentan wilayah di bagian tenggara Jogyakarta itu pun tidak lagi soal kekeringan. Bukan lagi soal kegersangan. Keindahan kini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Gunungkidul.

Keindahan itu terbentang di peisir selatan Gunungkidul. Wujudnya deretan pantai cantik nan mwnawan. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, lebih dari sepuluh pantai. Deretan pantai tersebut antara lain, Baron, Kukup, Sepanjang, Drini,Krakal, Sadrana, Sundak,Ngereneha, Ngobaran, dan Indrayanti.

Pantai-pantai itu mayotitas berpasir putih yang berpadu padang dengan batu karang yang tegar berdiri menantang ombak. Menikmatinya teramatt murah. Cukup satui tiket seharga Rp 10.000. Menuju temapt-tempat indah itu bukan perkara yang sulit. Sebab jalur transportasi mudah diakses dari mana-mana.

Dari Surabaya misalnya. Tak kurang dari lima ereta api singgah di Kota Gudeg. Julukan Jogyakarta, dari Surabaya. Lalu lalng bus 24 jam. Penerbangan psawat tidak kurang dari 17 kali, mulai pagi hingga malam. Begitu pula juka menuju Jogyakarta dari Jakarta. Penerbangan dari ibu kota mencapai 18 kali.

Untuk penginapan, jeas tidak bakal ada masalah. Jogyakarta menyedikan ratusan tempatmenginap. Mulai yang murah meriah hingga  yang mewah. Bahkabn, menginap di hotel pun bisa dengan kisaran harga hanya Rp 250 ribu permalam.

Lalu akses ke Gunungkidul? memng tidak tersedia angkutanumum untuk mencapai pantai-pantai indah itu. Tapi, Jogyakarta menawarkan banyak persewaan kendaraan. baik roda du maupun roda empat.

Uang sewanya pun tidak terlalu berat. Tarif se motor umumnya Rp 60 ribupere hari, sedangkan mobil mulai Rp 350 ribu plus sopir. Kendaraan itu bakal diantar ke bandara, terminal, atau stasiun, Bergantung pada kesepakatan.

Dari Jogyakarta Gunung kidul bisa ditempuh dalam wakti 1,5 jam hingga 2 jam. Waktu tempuh itu tentu tidak terlalu lama. Sebab, jalanan Gunungkidul cukup lengang. Jika sudah pantai, lukisan alam yang memesona berupa sawah dan ladang berunuk dengan pembatas tatanan batu menjadi suguhan. Tidak jarang, batu besar teromgok di areal persawahan dan ladang. Itu jelas bakal sulit ditemukan di area persawahan pada umumnya. Indah bukan?


Ketika roda sudah mendeat ke pantai, Baron bisa menjadi jujukan pertama. Baron berpasir hitam dan diapit dua karang besar. Di sisi karang bagian barat, airnya cukup tenang. Pengunjung bisa berenang dengan nyaman. Di Baron, kita juga bisamenikmati dari dekat aktivitas para nelayan dalm mengumpulkan hasil tangkapan.

Dari Baron, kita kemudian bisa menjelajahi satau per satu keindahan pnatai Gunungkidul. Misalnya, ke kukup yang berlanati pasir putih dan berhias dua batu karang yang berjarak dari pasir. Salah satu karangmnya yang dilengkapi gazebo bisa dicapai dengan melintas jembatan yang tergelar di atas air laut.

Setelah itu, terserah mau memilihsinggah ke mana lagi. yang jelas,, pantai-pantai lainnya sayang untuk dilewatkan. pantai Indrayanti contohnya.

Pantainya memang tidak panjang, hanya sekiatr 200 meter. tapi, di Indrayanti bisa dinikmati pasir putih yang lebut dan sedikit kasar. Di Indrayanti pula pengunjung bisa mencarai ikan-ikan kecil yang merapat ke bibir pantai.

Nikmatilah semua keindahan pantai itu hingga senja. Kalau belum puas, Baron dan kukup menyediakan penginapan yang harganya bersahabat dengan kantong. Dengan menginap di sana, tentu esoknya bisa menikmati kembali keindahan pantai-panati tersebut.

Keindahan Gunungkidul tidak berakhir di pantai. Di balik kegersangannya, Gunungkidul juga memiliki Gua Pindul menawarkan pengalaman menyusuri dalamnya aliran sungai bawah tanah dengan pelampung.

Di salah satu titiknya, kita bisa menikmati pancaran cahaya yang menyusup masuk ke dalam gua. Di titik itu puala kita bisa berhenti sejenak untuk bermain dan melompat ke dalam airnya yang segar.

Menjelang senja, bergeserlah ke Embung Nglanggeran. embungnglanggeran merupakan dabau kecil di puncak bukit. Dari embung tersebut. kita bisa menyaksikan matahari tenggelam dengan lebih syahdu. Sekali lagi, nukmat keindahannya hingga senja. Selepas senja merupakan waktunya kembali ke Jogyakarta,

Sebelum benar-benar meninggalkan Gunungkidul, singgalah di Bukit Bintang. Lokasinya setelah patuk Gunungkidul, dan sebelum piyungan, Sleman.

Singgahlah : mungkin untuk makan malam atau sekedar mencicipi jagung bakar.  Tapi, satu yang pasti, dari bukit itu kita akan menikmati gemerlap. "bintang-bintang" yang terpncar dari lampu kota Joyakarata. Romantis bukan?(fim/c6/diq)


Jawa Pos

Jum'at 28 November 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indahnya Hamparan Bunga Kebun Nursery Polije

Jujugan Florist, Tempat Asyik untuk Foto Prawedding JEMBER - Memasuki kawasan wisata Rembanganpara pengunjung langsung diajak menikmati kesegaran udara. embusan angin sepoi-sepoi an barisan pepohonan sepanjang jalan. Tak seperti wilayah Kota Jember yang panas dan aepi pepohonan, sejauh mata memndang jalan di kawasan ini terlindungi banyak pepehonan. Ada sebuah tempat yang berada tepat sebelum pintu masuk kawasan wisata Rembangan yang  memiliki hamparan kebun bunga dan tanaman hias dalam pot. Kebun itiu adalah poltek Nursery. Kawan kebun bunga dan tanaman hias yang sudah banyak dikenal sebagai salah satu pemasok bunga potong terbesar di Jember. Di kebun kurang lebih satu hektar ini terdapat berbgai macam bunga anggrek, krisan dan gerbera. Selailn itu, terdapat juga tanaman daun eksotis dalam pot yang sering dijadikan bahan rangkaian bunga dekorasi pernikahan. Aneka jenis bunga krisan dan anggrek itu bisa dibeli dengan harga Rp 7.500 hingga Rp 100 ribu. Tergantung jenis dan ukuran

The Waroeng Batik Sumbersari Maesan

Pengunjung Sembari Belajar Membatik BUKAN hanya menyajikan kuliner tradisional yang berbeda, The waroeng Batik Sumbersari juga menyediakan suguhan yang cukup menrik bagi pengunjung. Puas kuliner, pengunjung bisa belajr batik. Mulai dari proses mencanting, pewarnaan hingga pengeringan. "Sebelum ada warung, memang awalnya sudah ada gerai batik Sumbersari. Jadi The warung dan batik menjadi satu tubuh," jelas Yuke Yuliantaries, Pengelola dan pemilik The Waroeng ini. sehingga masyarakt atau pengunjung yang datang dapat menikmati eduwisata batik.

Tantangan "Raja Ampat Mini" di Kalimantan Selatan

Pada artikel ke-4 Nabilla akan membagikan artikel menarik Dari Raja Ampat Mini.. Artikel kali ini Nabilla ambil Dari Jawa Pos bagian Indonesia Indah .. Batas Langit di Bukit Batas Nama Bukit Batas memang lagi lagi moncer di kalangan warag Kalimantan Selatan. Wisata alam itu menjajikan tracking dan hiking ringan dengan bayaran berupa pemandangan elok. Pada puncak Bukit Batas, pelancong  bisa menikmati munculnya pulau-pulau kecil tengah-tengah Waduk Riam Kanan.