Langsung ke konten utama

Mendaki Gunung Rayakan 17 Agustus

Demi merah Putih di Merbabu

Setiap 17 Agustus, rasanya, gunung lebih ramai daripada mal. Berbondong-bondong orang datang, berniat mengibarkan bendera Merah Putih. Saya dan teman-teman dari komunitas backpacker Joglosemar tak ketinggalan. Sore itu, 16 Agustus lalu, kami memulai pendakian ke Merbabu.
INI pendakian tertinggi saya sejauh ini. Sebelumnya, saya hanya mendaki gunung-gunung yang bahkan tingginya tak sampai 2.500 mdpl. Maklumlah, saya masih tergolong newbie.
Dan..., pendakian itu pun dimulai! Dengan menggendong carrier 60 liter berisi logistik dan perlengkapan, kaki mulai menapaki jalur via base camp Selo, Boyolali.

Jalur dari Base Camp ke Pos 1 masih berupa hutan dan semak-semak dengan medan cenderung datar. Hanya ada beberapa tanjakan yang tak begitu curam. Namun, karena jalur pendakian sangat rami, setiap pendaki harus antre dan harus berjalan pelan-pelan karena di depan sudah banyak orang. Sesekali saya dan teman-teman break untuk makan, minum  dan mengatur napas. Stelah mendaki selama kurang lebih tiga jam, saya sampai di Pos 1. Semakin ke atas, udara malam semakin terasa dingin.
perjalanan selanjutnya adalah menuju Pos 2. Di sinilah tanjakan curam yang membuat deg-degan harus saya lalui. Tanjakan yang tak hanya berbatu, tapi juga penuh debu, licin, dan dengan kemiringan 60-70derajat.
Begitu padatnya jalur pendakian , saya harus mengantre untuk melewati tanjakan curam itu. HIngga akhirnya tiba giliran saya. Dengan masih menggendong carrier 60 liter, sehati-hati mungkin saya melewati tanjakan tersebut. Ternyata tanjakan seperti itu tak hanya sekali saya jumpai, tetapi berkali-kali.
Udara dingin, debu yang licin dan membuat batuk, penerangan remang-remang dari senter dan headlamp, serta medan yang menuntut keberanian seolah menjadi setting dramatis dalam momen pendakian kali ini. Di sinilah saya temukan orang-orang yang tak segan mengulurkan tangan dan memberikan bantuan kepada orang yang tak dikenal, tanpa membedakan laki-laki atau perempuan, bahkan tak tahu wajah orang yang diuluri tangan karena mayoritas mengenakan masker.
Setelah pendakian selama enam jam yang diwarnai adegan nyaris jatuh dan terpeleset, saya sampai di Puncak Batu Tulis atau Pos 3. Hamparan tenda berwarni-warni diterpa angin yang menghembuskan dingin hingga sumsum tulang menyambut . Debu-debu berterbangan, menyusup ke sela masker dan kacamata yang saya keenakan.
Angin bertiup semakin kencang ketika saya dan teman-teman mulai mendirikan tenda. Badai!!! Tuhan, jika Engkau belum berkenan menghentikan angin ini, kuatkanlah kami, doa saya dalam hati. Begitu tenda selesai didirikan, saya langsung masuk tenda dan membungkus diri dengan sleeping bag. Sementara itu, di luar, angin semakin menggila.
Keesokan harinya, matahari bersinar begitu cerah menyambut hari kemerdekaan. Saya berlari menuju bukit sambil membawa Sang Merah Putih yang terlipat rapi. Bersama munculnya matahari di ufuk timur, saya membentangkan sang Merah Putih. Dirgahayu Indonesiaku! Dengan berlatar Gunung Merapi dengan puncak GAruda, merah Putih yang saya kibarkan tampak begitu tegar di terpa angin pagi. Teruslah berkibar Merah Putih-ku. Siapa pun pemimpin negeri ini, Merah Putih tetap di hati. (*/c17/ayi)

Postingan populer dari blog ini

Indahnya Hamparan Bunga Kebun Nursery Polije

Jujugan Florist, Tempat Asyik untuk Foto Prawedding JEMBER - Memasuki kawasan wisata Rembanganpara pengunjung langsung diajak menikmati kesegaran udara. embusan angin sepoi-sepoi an barisan pepohonan sepanjang jalan. Tak seperti wilayah Kota Jember yang panas dan aepi pepohonan, sejauh mata memndang jalan di kawasan ini terlindungi banyak pepehonan. Ada sebuah tempat yang berada tepat sebelum pintu masuk kawasan wisata Rembangan yang  memiliki hamparan kebun bunga dan tanaman hias dalam pot. Kebun itiu adalah poltek Nursery. Kawan kebun bunga dan tanaman hias yang sudah banyak dikenal sebagai salah satu pemasok bunga potong terbesar di Jember. Di kebun kurang lebih satu hektar ini terdapat berbgai macam bunga anggrek, krisan dan gerbera. Selailn itu, terdapat juga tanaman daun eksotis dalam pot yang sering dijadikan bahan rangkaian bunga dekorasi pernikahan. Aneka jenis bunga krisan dan anggrek itu bisa dibeli dengan harga Rp 7.500 hingga Rp 100 ribu. Tergantung jenis dan ukuran

The Waroeng Batik Sumbersari Maesan

Pengunjung Sembari Belajar Membatik BUKAN hanya menyajikan kuliner tradisional yang berbeda, The waroeng Batik Sumbersari juga menyediakan suguhan yang cukup menrik bagi pengunjung. Puas kuliner, pengunjung bisa belajr batik. Mulai dari proses mencanting, pewarnaan hingga pengeringan. "Sebelum ada warung, memang awalnya sudah ada gerai batik Sumbersari. Jadi The warung dan batik menjadi satu tubuh," jelas Yuke Yuliantaries, Pengelola dan pemilik The Waroeng ini. sehingga masyarakt atau pengunjung yang datang dapat menikmati eduwisata batik.

Tantangan "Raja Ampat Mini" di Kalimantan Selatan

Pada artikel ke-4 Nabilla akan membagikan artikel menarik Dari Raja Ampat Mini.. Artikel kali ini Nabilla ambil Dari Jawa Pos bagian Indonesia Indah .. Batas Langit di Bukit Batas Nama Bukit Batas memang lagi lagi moncer di kalangan warag Kalimantan Selatan. Wisata alam itu menjajikan tracking dan hiking ringan dengan bayaran berupa pemandangan elok. Pada puncak Bukit Batas, pelancong  bisa menikmati munculnya pulau-pulau kecil tengah-tengah Waduk Riam Kanan.