Langsung ke konten utama

Tantangan "Raja Ampat Mini" di Kalimantan Selatan

Pada artikel ke-4 Nabilla akan membagikan artikel menarik Dari Raja Ampat Mini.. Artikel kali ini Nabilla ambil Dari Jawa Pos bagian Indonesia Indah ..

Batas Langit di Bukit Batas


Nama Bukit Batas memang lagi lagi moncer di kalangan warag Kalimantan Selatan. Wisata alam itu menjajikan tracking dan hiking ringan dengan bayaran berupa pemandangan elok. Pada puncak Bukit Batas, pelancong  bisa menikmati munculnya pulau-pulau kecil tengah-tengah Waduk Riam Kanan.


KEINDAHAN Bukit Batas selam ini seolah-olah "tersembunyi". Padahal, panorama yang ditawarkan cukup menggiurkan. Bayangkan munculnya pulau-pulau kecil di tengah birunya lautan di kawasan Raja Ampat, Papua. Nah, Bukit Batas ini menawarkan "miniaturnya"...
Bukit Batas berada di Desa Pulau Pinus yang terletak di tengah-tengah Waduk Riam Kanan. Dan Bukit Batas menawarkan pemandangan yang cukup komplet sebagai tempat yang berada pada "batas langit". Dan "anjungan pandang" itu tidak hanya berada satu titik. Ada sejumlah lokasi di puncak dan lereng-lereng bukit batas yang memberikan view elok.
Ketika di atas bukit, pengunjung akan disuguhi hamparan beberapa pulau kecil di tengah-tengah birunya air Waduk riam Kanan. Saat malam, waduk itu serasa berhias bintang-bintang berjatuhan. Ya, gemerlap cahaya putih dari ratusan lampu karamba, wadah penangkaran ikan, milik warga tersebar ditengah-tengah waduk. Indah banget.
Pemandangan bakal kian indahtatkala mentari pagi menggeliat dari punggung Pegunungan Meratus. Sinar Emasnya akan langsung menyapa daun, pohon, air, dan pulau-pulau pada waduk yang menjadi sumber pembangkit listrik tenaga air (PLTA) P.M Noor itu. Tak heran, Bukit Batas  kerap didatangi para pemburu sunrisee serta penghobi hiking.
Bukit Batas memang mudah dijangkau. Begitu mendarat di Bandara Syamsuddin Noor, Banjarmasin, Anda bisa menuju Desa Aranio. Jaraknya  35 kilometer dari Bandara. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit.
Dari Desa Aranio, pengunjung bisa menyewa kelotok (sejenis kapal tradisional) menuju Pulau Pinus. Lama perjalanannya sekitar 15 menit. Sepanjang perjalan itu, pemandangan indah sudah terhampar. Ada perbukitan yang dipadu ratusan jala apung milik warga.
Begitu turun dari kelotok itulah, petualangan yang sesungguhny dimulai. Pengunjung harus berjalan kaki selama sekitar 45 menit. Jalannya mendaki. Dalam perjalanan tersebut, lelah dan kagum datang silih berganti. Perjalanan cukup menanjak. Tapi, panorama alam cukup apik. Terutama saat melihat langit yang terus-menerus memantul pada air waduk Riam Kanan. Sesekali sinar mentari itu juga terasa berjuang menembus dedaunan pohon pinus.
Menikmati Bukit Batas puas emmang lebih pas kalau menginap. Tak heran, di puncak bukit berjajar puluhan tenda dengan ratusan pengunjung. Angka itu kian berlipat-lipat saat malam menjelang libur.
Berdesak-desakan, para pengunjung tersebut melewati malam di bawah taburan bintang. Mereka menunggu pagi untuk merasakan mentari menyapa kabut yang menutupi lereng bukit dan gunung.
Bagaiman kalau tidak membawa peralatan berkemah? Jangan khawatir. Para biro agen di sekitar Banjarmasin sudah menyediakan paker wisata komplet. Mreka punya tenda, matras, plus makan malam untuk para peserta tur. Sehingga para pelancong hanya perlu menyiapkan fisik untuk menakhlukan Bukit Batas. Mreka juga perlu menyiapkan hati dalam menikmati petualangan kecil dengan pemandangan apik itu. (ins/c(/dos)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indahnya Hamparan Bunga Kebun Nursery Polije

Jujugan Florist, Tempat Asyik untuk Foto Prawedding JEMBER - Memasuki kawasan wisata Rembanganpara pengunjung langsung diajak menikmati kesegaran udara. embusan angin sepoi-sepoi an barisan pepohonan sepanjang jalan. Tak seperti wilayah Kota Jember yang panas dan aepi pepohonan, sejauh mata memndang jalan di kawasan ini terlindungi banyak pepehonan. Ada sebuah tempat yang berada tepat sebelum pintu masuk kawasan wisata Rembangan yang  memiliki hamparan kebun bunga dan tanaman hias dalam pot. Kebun itiu adalah poltek Nursery. Kawan kebun bunga dan tanaman hias yang sudah banyak dikenal sebagai salah satu pemasok bunga potong terbesar di Jember. Di kebun kurang lebih satu hektar ini terdapat berbgai macam bunga anggrek, krisan dan gerbera. Selailn itu, terdapat juga tanaman daun eksotis dalam pot yang sering dijadikan bahan rangkaian bunga dekorasi pernikahan. Aneka jenis bunga krisan dan anggrek itu bisa dibeli dengan harga Rp 7.500 hingga Rp 100 ribu. Tergantung jenis dan ukuran

The Waroeng Batik Sumbersari Maesan

Pengunjung Sembari Belajar Membatik BUKAN hanya menyajikan kuliner tradisional yang berbeda, The waroeng Batik Sumbersari juga menyediakan suguhan yang cukup menrik bagi pengunjung. Puas kuliner, pengunjung bisa belajr batik. Mulai dari proses mencanting, pewarnaan hingga pengeringan. "Sebelum ada warung, memang awalnya sudah ada gerai batik Sumbersari. Jadi The warung dan batik menjadi satu tubuh," jelas Yuke Yuliantaries, Pengelola dan pemilik The Waroeng ini. sehingga masyarakt atau pengunjung yang datang dapat menikmati eduwisata batik.