Langsung ke konten utama

Menyelami Birunya Laut di Pulau Menjangan, Bali

Assalamualikum semua.. Ketemu lagi sama Nabilla.. Kali ini Nabilla akan membgikan Artikel Dari Jawa Pos Bagian My Jouney milik dari kak John Maximillan, Peljar SMAK Hendrikus Surabaya.. Di artikel ini kak John menceritakan perjalan dan pengalamn bertemu ikan-ikan cantik Di pulau Menjangan Bali bersama sang ibunda.. Bagaimana sih keindahan bawah laut di Pulau Menjangan, Bali.. Read More yuk .

Berjumpa Penyu Hijau yang Asyik Makan

Bagi saya, Pulau Menjangan, Bali, bagaikan magnet. Pulau itu adalah tempat saya dulu mendapat sertifikasi menenyelam. Saya tidak pernag bosan dengan pulau tersebut. Sewaktu ibu meminta saya untu menemaninya menyelam (lagi) di sana, saya jawab, YA!



Tiba di Gilimanuk, kami melanjutkan perjalanan dengan menggunakan taksi menuju ke Desa Pemuteran (tempat dive center kami berda). Kami sengaja memilih taksi supaya tepat waktu. Sebab, kami memulai diving hari itu juga. Begitu sampai di lokasi, kami tidak menyia-nyiakan waktu. Langsung fitting dan sarapan. Sebab, perjalanan kami masih berlanjut.
Kami harus menuju ke Labuhan Lalang, pelabuhan tempat perahu yang membawa kami ke Pulau Menjangan terlambat. Perjalanan kami di atas kapal dinaungi birunya langit yang cerah. hari yang bagus untuk memulai menyelam. Sungguh tidak sabar.

Dive spot kami yang pertama adlah POS II. Ini adalah penyelaman "wall" dengan kedalaman drop off sekitar 40 m. Hard dan sotf coral yang berwarna-warni menutupi permukaan dinding jurang. Berbagai macam ikan  seperti parrot fish, angel fish, surgeon fishes, dan clown fish hidup di sepanjang dinding tersebut. Indah Sekali.
Kami bernasib baik bisa menjumpai green sea turtle (penyu hijau) yang tengah asik menikmati makan siang. Ia sama sekali tidak terusik dengan kami yang bergantian mengambil fotonya. Kami semua dibuat terpesona. Lantas, kami berpindah spot ke Mangroove Point setelah surface interval.

Pemandangan gua-gua bawah air dengan overhang yang dramatis memanjakan mata kami. Kami beruntung didampingi Aria, our eangle-eyed guide. Sebab, kami bisa menyaksikan electric clam, orang utan crab, squant shrimps, dan macam-macam nudibranch atau siput air.
Jika hari pertama lumayan santai, penyelaman kami hari kedua cukup menantang. Yakni, di sekitar Eel Garden. Dengan arus yang lumayan kuat, kami melakukan drift dive. Turun menggunakan line, kami lalu bergerak menyusuri lereng yang sangat indah. Bagaikan pelangi, warna-warni coral membentang di depan kami. Rentetan gorgonia raksasa dengan ukuran lebih dari 2 meter beserta aneka ragam ikan menghiasi dinding jurang.

Setiba di Eel Garden, kami disuguhi pemandangan hamparan pasir yang dipenuhi belut laut. Karena itu, tempat tersebut diberi nama Eel Garden atau kebun belut laut. Dari sana kami menyelam mengikuti arus bagaikan di film Finding Nemo. Yang membuat saya sangat terkesan adalah perjumpaan dengan pygmy seahorse atau kuda kerdil (ukurannya 1-2 cm saja).

Dive kedua kami hari itu aadlah Channel Point. Tidak hanya landmark bouy membuat kami sangat berhati-hati. Kami mengikuti arus, melewati Eel Garden, hingga sampai ke gugusan karang di kedalaman 20 m. Pemandangannya menakjubkan. KAmi menemukan beragam jenis ikan seperti scorpion fish, lion fish, crocodile fish, lizard fish, dan flounder berkat kejelian Putu, guide kami.
Melihat dan mengagumi seluruh keindahan tersebut membuat rasa lelah kami terobati. (*/c15/jan)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indahnya Hamparan Bunga Kebun Nursery Polije

Jujugan Florist, Tempat Asyik untuk Foto Prawedding JEMBER - Memasuki kawasan wisata Rembanganpara pengunjung langsung diajak menikmati kesegaran udara. embusan angin sepoi-sepoi an barisan pepohonan sepanjang jalan. Tak seperti wilayah Kota Jember yang panas dan aepi pepohonan, sejauh mata memndang jalan di kawasan ini terlindungi banyak pepehonan. Ada sebuah tempat yang berada tepat sebelum pintu masuk kawasan wisata Rembangan yang  memiliki hamparan kebun bunga dan tanaman hias dalam pot. Kebun itiu adalah poltek Nursery. Kawan kebun bunga dan tanaman hias yang sudah banyak dikenal sebagai salah satu pemasok bunga potong terbesar di Jember. Di kebun kurang lebih satu hektar ini terdapat berbgai macam bunga anggrek, krisan dan gerbera. Selailn itu, terdapat juga tanaman daun eksotis dalam pot yang sering dijadikan bahan rangkaian bunga dekorasi pernikahan. Aneka jenis bunga krisan dan anggrek itu bisa dibeli dengan harga Rp 7.500 hingga Rp 100 ribu. Tergantung jenis dan ukuran

The Waroeng Batik Sumbersari Maesan

Pengunjung Sembari Belajar Membatik BUKAN hanya menyajikan kuliner tradisional yang berbeda, The waroeng Batik Sumbersari juga menyediakan suguhan yang cukup menrik bagi pengunjung. Puas kuliner, pengunjung bisa belajr batik. Mulai dari proses mencanting, pewarnaan hingga pengeringan. "Sebelum ada warung, memang awalnya sudah ada gerai batik Sumbersari. Jadi The warung dan batik menjadi satu tubuh," jelas Yuke Yuliantaries, Pengelola dan pemilik The Waroeng ini. sehingga masyarakt atau pengunjung yang datang dapat menikmati eduwisata batik.

Tantangan "Raja Ampat Mini" di Kalimantan Selatan

Pada artikel ke-4 Nabilla akan membagikan artikel menarik Dari Raja Ampat Mini.. Artikel kali ini Nabilla ambil Dari Jawa Pos bagian Indonesia Indah .. Batas Langit di Bukit Batas Nama Bukit Batas memang lagi lagi moncer di kalangan warag Kalimantan Selatan. Wisata alam itu menjajikan tracking dan hiking ringan dengan bayaran berupa pemandangan elok. Pada puncak Bukit Batas, pelancong  bisa menikmati munculnya pulau-pulau kecil tengah-tengah Waduk Riam Kanan.