Langsung ke konten utama

Ke Penanggungan Belajar Muncak

Hari Ini Riskia akan membagikan artikel  dari My Journey Achmad Santoso

Mengejar Sunrise

Hati saya langsung bungah ketika salh seorang kawan mengajak pergi mendaki. Aktivitas itu begitu saya dambakan sedari dulu. Apalagi semenjak nonton film 5 cm tiga tahun lalu. Pendakian seolah menjadi magnet kuat bagi saya.

KAMI memutuskan Gunung penanaggungan sebagai destinasi. Lokasinya paling dekat dengan domisili saya sekarang Surabaya. jarak tempuhnya sekitar 55 km. Puncak penanggungan merupakan satu diantara gugusan gunung di jawa Timur, tepatnya terhampar di Kabupaten Mojokerto dan Pasuruan.

Ketinggian gunung tersebut hanya 1.653 meter di atas permukaan laut (mdpl). namun, bagi pendaki pemula ssperti saya, naik ke puncak setinggi itu bakal menjadi pengalam luar biasa. kata kawan saya, penanggungan biasanya memang digunakan berlatih muncak untuk pendaki baru sebelum menaklukan puncak-puncak lainnya yang lebih jangkung,

Persiapan kami lakukan sejak jauh hari. Kami mulai menyediakan perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan bagi lazimnya pendaki. Dua tas carrier berukuran 50 liter dan 70 liter kami rasa cukup untuk mewadahi perlengakapan serta peralatan yang diperlukan.

Isinya, tenda, sleeping bag, matras, jaket, serta makanan-minuman secukupnya. Tidak lupa bawa obat-obatan yang lengkep. Misalnya, obat sakit kepala, diare, asma, flu, vitamin, plus oksigen.

Sore itu, sabtu (1/8), kami mulai mempersiapkan diri dengan teliti. selepas magrib, saya dan kawan mulai memacu motor, melintas lalu lalang kendaraan lain yang akan bermalam Minggu. laju motor kami pacu sekencang-kencangnya. jelas, kami tidak ingin ketinggalan sesutau yang selalu dinanti bagi seorang pendaki, yakni sunrise.

Pendakian ke Gunung Penanggungan terdiri atas empat jalur resmi. satu jalur berada di Kabupaten Pasuruan, tepatnya didusun Betro, Desa Wonusunyo, Kecamatan Gempo. Tiga lainnya terletak di Kabupaten Mojokerto. yakni di situs Petirtaan Jolotundo, desa soliman, Kecamatan Trawas: Desa Tamiajeng, Trawas: dan Desa Konjorowesi, Kecamtan ngoro.

Kami memutuskan berangkat melewati jalur di Desa Tamiajeng, jalur tersebut palaing ramai ketimbang tiga rute lainnya. Sekitar pukul 21.00, kami tiba di pos perizinan di Trawas. kami antre membeli tiket . Harga karcis Rp 8.000 per orang, sedangkan parkir motor, Rp 7.000. Pihak pos memberikan kresek untuk tempat sampah.

Selepas dari pos perizinan, di sepanjang menuju Puncak banyangan, terdapat tiga pos lagi. Puncak bayangan biasanya digunakan untuk lokasi beristirahat sebelum mencapai Puncak Penanggungan. kami menggelar tanda disana tepat pukul 24.00. Beberapa saat kemudian, kami terlelap.

Pukul 03.00 kami bergegas bangun. Para pendaki lain sudah antre dijalan setapak menuju ke puncak. Kasmi memutuskan membawa bekal seperlunya. Antar lain, kompor, mi instan, air mineral, dan obat-obatan. Meski tidak terlampau tinggi, jalan menju puncak penanggungan sungguh menguras energi terlebih bagi pendaki pemula.

Beberapa pendaki terlihat sempoyongan  melewati bebatuan yang penuh debu. Akhirnya, kami tiba di puncak pukul 05.00 masih ada wkatu untuk beristirahat  sejenak sebelum sunrise benar-benar terklihat.

Sunrise mulai menampakan diri pukul 05.30. Bebrapa orang berteriak sekencang-kencangnya. Mencapai puncak, entah seberap tinggi ituu memang terasa istimewa. dari puncak penanggunagn. kami bisa meliahtkeindahan hamparan gunung Arjuno _Welirang.

Setelah berfoto dengan aneka spot-nya, kami turun menuju tenda di puncak Bayangan. Pukul 10.00 kami meningggalkan puncak bayangan bersama rombongan lainnya dan tiba di pos pendaftaran pukul 13.00. Sungguh pelajaran mendaki yang menyenangkan. Membuat saya bersiap menaklukan puncak-puncak yang lain segera.(*/c15/ ayi)

Sumber: Jawa Pos, Sabtu 29 Agustus 2015

Postingan populer dari blog ini

Indahnya Hamparan Bunga Kebun Nursery Polije

Jujugan Florist, Tempat Asyik untuk Foto Prawedding JEMBER - Memasuki kawasan wisata Rembanganpara pengunjung langsung diajak menikmati kesegaran udara. embusan angin sepoi-sepoi an barisan pepohonan sepanjang jalan. Tak seperti wilayah Kota Jember yang panas dan aepi pepohonan, sejauh mata memndang jalan di kawasan ini terlindungi banyak pepehonan. Ada sebuah tempat yang berada tepat sebelum pintu masuk kawasan wisata Rembangan yang  memiliki hamparan kebun bunga dan tanaman hias dalam pot. Kebun itiu adalah poltek Nursery. Kawan kebun bunga dan tanaman hias yang sudah banyak dikenal sebagai salah satu pemasok bunga potong terbesar di Jember. Di kebun kurang lebih satu hektar ini terdapat berbgai macam bunga anggrek, krisan dan gerbera. Selailn itu, terdapat juga tanaman daun eksotis dalam pot yang sering dijadikan bahan rangkaian bunga dekorasi pernikahan. Aneka jenis bunga krisan dan anggrek itu bisa dibeli dengan harga Rp 7.500 hingga Rp 100 ribu. Tergantung jenis dan ukuran

The Waroeng Batik Sumbersari Maesan

Pengunjung Sembari Belajar Membatik BUKAN hanya menyajikan kuliner tradisional yang berbeda, The waroeng Batik Sumbersari juga menyediakan suguhan yang cukup menrik bagi pengunjung. Puas kuliner, pengunjung bisa belajr batik. Mulai dari proses mencanting, pewarnaan hingga pengeringan. "Sebelum ada warung, memang awalnya sudah ada gerai batik Sumbersari. Jadi The warung dan batik menjadi satu tubuh," jelas Yuke Yuliantaries, Pengelola dan pemilik The Waroeng ini. sehingga masyarakt atau pengunjung yang datang dapat menikmati eduwisata batik.

Tantangan "Raja Ampat Mini" di Kalimantan Selatan

Pada artikel ke-4 Nabilla akan membagikan artikel menarik Dari Raja Ampat Mini.. Artikel kali ini Nabilla ambil Dari Jawa Pos bagian Indonesia Indah .. Batas Langit di Bukit Batas Nama Bukit Batas memang lagi lagi moncer di kalangan warag Kalimantan Selatan. Wisata alam itu menjajikan tracking dan hiking ringan dengan bayaran berupa pemandangan elok. Pada puncak Bukit Batas, pelancong  bisa menikmati munculnya pulau-pulau kecil tengah-tengah Waduk Riam Kanan.