Langsung ke konten utama

Menengok Pantai Molang, Potensi Objek Wisata Tulungagung Belum Tergarap

Panaroma Menakjubkan, tapi Satu-Satunya Jalan Rusak Parah

Potensi wisata pantau Tulungagung cukup besar. Namun, elum semua tergarap. Salah satunya, pantai Molang yang berada di Desa/Kecamatan pucanglaban.

WHENDY GIGH PERKASA, Tulungagung

pantai yang dikenal dengan pasir putihnya ini belum dimaksimalkan pemerintah untuk menyumbang pendapatan daerah. Salah satunya minim fasilitas. Tidak heran jika pengunjung pantai tersebut sepi, bahkan saat hari libur seperti kemarin (11/5).


Munawar, 30 salah seorang pemngunjung, menyayakan keindahan Pantai Molang belum diolah secara maksimal. Menurut dia, jika pemerintah bisa membangun beberapa sarana yang memandai, dipastikan pengunjung bakal membeleduk. "mungkin bisa dilengkapai penginapan atau resor. nytanya, di sini toilet umum pun belum aa," ungkapnya.

Untuk menuju pantai, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 juta -2 jam daripusat kota Tulungagung. Bahkan perkara mudah mencapai lokasi pantai, sebeb tanjakan turunan dan tikungan tajam menjadi suguhan yang harus ilewati.

Parahnya, jalan utama menuju lokasi tersebut ruak. Kondisi jalan dipenuhi lubang. Tidak sedikit aspal di sepanjang jalan tersebut mengelupas dan hanya tersissa bau pondasi jalan.. Pengunjung tidak bisa memilih jalaur lain karena hanya ada satu jalur menuju pantai. "jalnnya rusak. motor bisa ceper rysak. Semoga segera diperbaiki oleh pemerintah," kata Munawar yang berkunjung bersama istrinya.

zmenurut beberapa warga sekitar pantai Molang, jalan itu rusak lantaran sudah tua. namun, yang paling utama kerusakan jalan tersebut disebabkan sering dilewati kendaraan besar, yakni truk. Kendaraan roa enam itu membawabahan kebutuhan tambak udang yang berada di timur pantai. "Truk itu mengangkut udab dan kebutuhan tambak," kata Abdul Khotib Nurcahyono, 50 warga setempat.

dia mengatakan, warga pernah berkoordinasi dengan pemilik tambak. yakni, untuk memperbaiki jalan. hal tersebut wajar dilakukan warga karena sejak ada tambak jalan menjadi rusak. "Pabrik itu harus memberikan imbal balik kepada warga seperti pada aturan corporate social responsibility (CSR),"

CSR merupakan sebuah bagian kontribusi perusahaa yang dikonsepkan dalam sebuah modal nyta dan dilakukan berkesinambungan. Tujuannya memajukan masyarakat dan lingkungan. Terutama yangg terkena dampak dari seluruh aspek pengoprasian perusahaan dalam jangka panjang. CSR identik dengan usaha untuk menciptaan pertumbuhan dan pembangunan masyarakat secara berkelanjutan . "jadi sudah seharusnya pemilik tambak memperbaiki jalan," jelasnya.

Berdasar pantauan wartawan jawa pos Radar Tulungagung, pantai yang berada di pesisir selatan itu memiliki daya tarik tersendiri. Misalnya, ombak besar, pantai pasir putih terhampar luas, suasana asri pegunungan sepanjang perjalanan menuju panatai.(wen/ris/JPNN/c4/any)
 

Jawa Pos Senin, 12 Mei 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indahnya Hamparan Bunga Kebun Nursery Polije

Jujugan Florist, Tempat Asyik untuk Foto Prawedding JEMBER - Memasuki kawasan wisata Rembanganpara pengunjung langsung diajak menikmati kesegaran udara. embusan angin sepoi-sepoi an barisan pepohonan sepanjang jalan. Tak seperti wilayah Kota Jember yang panas dan aepi pepohonan, sejauh mata memndang jalan di kawasan ini terlindungi banyak pepehonan. Ada sebuah tempat yang berada tepat sebelum pintu masuk kawasan wisata Rembangan yang  memiliki hamparan kebun bunga dan tanaman hias dalam pot. Kebun itiu adalah poltek Nursery. Kawan kebun bunga dan tanaman hias yang sudah banyak dikenal sebagai salah satu pemasok bunga potong terbesar di Jember. Di kebun kurang lebih satu hektar ini terdapat berbgai macam bunga anggrek, krisan dan gerbera. Selailn itu, terdapat juga tanaman daun eksotis dalam pot yang sering dijadikan bahan rangkaian bunga dekorasi pernikahan. Aneka jenis bunga krisan dan anggrek itu bisa dibeli dengan harga Rp 7.500 hingga Rp 100 ribu. Tergantung jenis dan ukuran

The Waroeng Batik Sumbersari Maesan

Pengunjung Sembari Belajar Membatik BUKAN hanya menyajikan kuliner tradisional yang berbeda, The waroeng Batik Sumbersari juga menyediakan suguhan yang cukup menrik bagi pengunjung. Puas kuliner, pengunjung bisa belajr batik. Mulai dari proses mencanting, pewarnaan hingga pengeringan. "Sebelum ada warung, memang awalnya sudah ada gerai batik Sumbersari. Jadi The warung dan batik menjadi satu tubuh," jelas Yuke Yuliantaries, Pengelola dan pemilik The Waroeng ini. sehingga masyarakt atau pengunjung yang datang dapat menikmati eduwisata batik.

Tantangan "Raja Ampat Mini" di Kalimantan Selatan

Pada artikel ke-4 Nabilla akan membagikan artikel menarik Dari Raja Ampat Mini.. Artikel kali ini Nabilla ambil Dari Jawa Pos bagian Indonesia Indah .. Batas Langit di Bukit Batas Nama Bukit Batas memang lagi lagi moncer di kalangan warag Kalimantan Selatan. Wisata alam itu menjajikan tracking dan hiking ringan dengan bayaran berupa pemandangan elok. Pada puncak Bukit Batas, pelancong  bisa menikmati munculnya pulau-pulau kecil tengah-tengah Waduk Riam Kanan.