Langsung ke konten utama

Jelajahi Danau Toba dan Sekitarnya

Termanjakan Keindahan Alam dan Kuliner

Mendapat kesempatan mengunjungiDanau Toba yang terkenal itu, saya semakin sadar kekayaan alam Indonesia memang luar biasa.

BEBERAPA waktu lalu saya mendapat undangan wisata gratis ke Medan. Keempatan ini tidak saya sia-siakan karena saya juga belum pernah  berkunjung ke Pulau Sumatera. Tiba di Bandara International Kualanamu, saya bikin kagum.

Bandaranya besar, bersih dan terintegrasi dengan kereta api yang dapat langsung menuju pusat kota. Kemudian kami diajak makan siang dengan bus wisata menuju salah satu resor di Bukit Merek. Setibanya, kami bisa melihat pemandangan Danau Toba dari ketinggian. Sungguh indah, luar biasa!

Keelokan Toba sampai mencanegara memang bukan isapan jempol. Danau ini memiliki luas 1.707 km2 atau lebih dari dua kali luas singapura. Terbentuk dari letusan gunung purba raksasa yang menurut beberapa penelitian letusnya sampai mampu mengubah iklim dunia dan membawa dunia ke dalam zaman es.

Hari kedua, kami  melanjutkan perjalanan ke Samosir. Bus kami parkir di Parapat dan kami lanjut dengan kapal sekitar setengah jam untuk bisa ke penginapan di tengah danau toba, yaiutu samosir.

Ternyta Samosir itu tidak sekecil seperti yang saya banyangkan. Di sana banyak sekali berjejer penginapan, tempat makan dan kafe, toko dan lain-lain. Menyenagkan seperti satu kawasan wisata tersendiri. Mobil-mobil pribadi pun banyak.

Keesokan paginya, kami rommbongan bermai-ramai menyewa sepeda tepat di belakang hotel untuk keliling pulau Samosir. Saya merasakan keindahan alam ciptaan Tuhan yang luar biasa, bukit-bukit yang menjulan tinggi, hawa yang sejuk, dan air yang tenan. Bener-benar tidak kalah dengan pemndangan alam di luar negeri.

Dalam hati saya berkata belum pernah menjumpai yang seindah ini di luar negeri. Hampi dua jam kami berkeliling dan berhenti menembil foto. Setelah puas, kami kemba;li ke hotel untuk berkemas dan melanjutkan wisata ke Desa Tomok yang masih berada di Pulau Samosir juga.

Di sana, kami diajak melihat tarian tradisional orang batak, tai sigale-gale. Ada musik dan boneka yang bisa gerak-gerak. Kenudian, kami jalan hingga makan Raja Sidabutar, makam yang terbuat dari batu utuh     tanpa persambungan yang dipahat. makam ini dihiasi berbgai simbol. Dan anehnya diletakkan di permukaan tanah., buan di dalam  tanah.

Di sana juga terdapat banya kios toko yang menjula oleh-oleh suvenir begambar Toba. setelah berbelanja, kami kemebali menlanutkan perjalanan.

Destinasi berikutnya adalah air Terjun Sipiso-piso yang merupakan salah satu tertinggi di Indonesia.

Air terjun ini berada di ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut. dikelilingi oleh buki hijau. Nama sipiso-piso berasal dari kata piso yang berarti pisau. derasnya air-air yang berjatuhan dari ketinggian di atas 100 meter ini layaknya berbilah-bilah pisau yang taam.

Selanjutnya, kami menuju Medan, melewati Pematang Siantar  yang terkenal dengan dodol alami yang fresh dan belanja, kami  benar-benar dimajakandengan kuliner Sumatera Utara.

Becak motor (betor) dapat dijumpai hampir di semua ruas jalan perkotaan Meda. Betor menggunakana motor yang disampingnya, ditambahkan becak di samping penumpang. Di merdeka Wlk juga ada pusat kuliner buat papra muda-mudi yang buka sampai pukul 12 malam. Bahkan pukul dua pagi di akhir pekan. Medan uga terkena dengan durian dan pancake-nya.

Cocok deh liburan ke medan bisa dapat pemandangan alamnya di Toba dan Samosir buat yang mau bersantai, dan suasana kta untuk mencicipi uliner khasnya yang beraneka ragam.
HORAS!!!(*/c19/ayi)

Jawa Pos

Sabtu 03 Oktober 2015

Postingan populer dari blog ini

Indahnya Hamparan Bunga Kebun Nursery Polije

Jujugan Florist, Tempat Asyik untuk Foto Prawedding JEMBER - Memasuki kawasan wisata Rembanganpara pengunjung langsung diajak menikmati kesegaran udara. embusan angin sepoi-sepoi an barisan pepohonan sepanjang jalan. Tak seperti wilayah Kota Jember yang panas dan aepi pepohonan, sejauh mata memndang jalan di kawasan ini terlindungi banyak pepehonan. Ada sebuah tempat yang berada tepat sebelum pintu masuk kawasan wisata Rembangan yang  memiliki hamparan kebun bunga dan tanaman hias dalam pot. Kebun itiu adalah poltek Nursery. Kawan kebun bunga dan tanaman hias yang sudah banyak dikenal sebagai salah satu pemasok bunga potong terbesar di Jember. Di kebun kurang lebih satu hektar ini terdapat berbgai macam bunga anggrek, krisan dan gerbera. Selailn itu, terdapat juga tanaman daun eksotis dalam pot yang sering dijadikan bahan rangkaian bunga dekorasi pernikahan. Aneka jenis bunga krisan dan anggrek itu bisa dibeli dengan harga Rp 7.500 hingga Rp 100 ribu. Tergantung jenis dan ukuran

The Waroeng Batik Sumbersari Maesan

Pengunjung Sembari Belajar Membatik BUKAN hanya menyajikan kuliner tradisional yang berbeda, The waroeng Batik Sumbersari juga menyediakan suguhan yang cukup menrik bagi pengunjung. Puas kuliner, pengunjung bisa belajr batik. Mulai dari proses mencanting, pewarnaan hingga pengeringan. "Sebelum ada warung, memang awalnya sudah ada gerai batik Sumbersari. Jadi The warung dan batik menjadi satu tubuh," jelas Yuke Yuliantaries, Pengelola dan pemilik The Waroeng ini. sehingga masyarakt atau pengunjung yang datang dapat menikmati eduwisata batik.

Tantangan "Raja Ampat Mini" di Kalimantan Selatan

Pada artikel ke-4 Nabilla akan membagikan artikel menarik Dari Raja Ampat Mini.. Artikel kali ini Nabilla ambil Dari Jawa Pos bagian Indonesia Indah .. Batas Langit di Bukit Batas Nama Bukit Batas memang lagi lagi moncer di kalangan warag Kalimantan Selatan. Wisata alam itu menjajikan tracking dan hiking ringan dengan bayaran berupa pemandangan elok. Pada puncak Bukit Batas, pelancong  bisa menikmati munculnya pulau-pulau kecil tengah-tengah Waduk Riam Kanan.